Apa Itu UMKM ?

UMKM adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Thn 2008.

  • Usaha mikro : kekayaan bersih mencapai Rp 50.000.000,- tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha
  • Usaha kecil : kekayaan bersih Rp 50.000.000,- hingga Rp 500.000.000,- tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Omset setiap tahunnya antara Rp 300.000.000,- s/d Rp 2.500.000.000,-.
  • Usaha menengah : kekayaan bersih dari Rp500.000.000,- hingga Rp10.000.000.000,- dan tidak termasuk bangunan dan tanah tempat usaha. Hasil penjualan tahunannya mencapai Rp2,5 miliar s/d Rp50 miliar,-. Bukan merupakan cabang maupun bagian dari Perusahaan Besar/BUMN.

Sebagai bentuk kepedulian pada Kemajuan Pembangunan di Propinsi Bali, kami telah menyusun beberapa tulisan, video, webinar, maupun in-class training yang dapat memberikan informasi serta langkah-langkah yang diperlukan oleh masyarakat yang hendak ber-wirausaha membangun perusahaan sendiri.

10 November 2020

Tips Cara ber-IKLAN yang Efektif

Oleh : Ni Nyoman Sutari

Iklan merupakan alat yang sudah terbukti sangat efektif untuk memasarkan atau mengenalkan produk yang kita miliki ke masyarakat umum. Karena itu membuat strategi iklan yang maksimal sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan produk kita. Lalu bagaimana caranya agar iklan yang kita buat bisa seefektif mungkin mendapatkan perhatian dari customer?

Ada beberapa poin atau aspek yang harus diperhatikan agar nanti dampak dari kegiatan ber-iklan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut adalah Beberapa Tips Cara Membuat Iklan Yang Efektif.

1. Tentukan Segmen, Target dan Positioning dalam Beriklan

Strategi pertama yang harus dilakukan untuk membuat iklan terbaik yaitu kamu harus mengetahui tentang segmentasi, targeting, dan positiong. Hal ini akan membantu kamu dalam membuat iklan yang paling efektif.

  • Segmentasi yaitu tindakan membedakan atau mengelompokkan pembeli yang nantinya digunakan untuk menentukan tujuan/ sasaran dari produk yang akan dijual serta menentukan teknik pemasaran yang sesuai bagi setiap kelompok pembeli.
  • Targeting, yaitu menentukan target pasar dari produk atau jasa yang disediakan. Semakin baik target pasarnya, juga akan semakin tinggi tingkat pemasarannya.
  • Positioning, adalah bagaimana nantinya produk dapat bersaing di pasar, bagaimana caranya agar apa yang kita pasarkan bisa mendapatkan hati para konsumen.

Dengan mengetahui hal ini kamu bisa menentukan metode pemasaran yang tepat untuk digunakan termasuk di dalamnya menentukan bahasa yang digunakan ketika ber-iklan, sehingga kamu akan bisa lebih mudah membuat iklan yang efektif.

2. Tentukan Media Platform Beriklan

Untuk bisa membuat iklan yang efektif kamu harus bisa menentukan media platform yang tepat/cocok digunakan untuk beriklan. Tentukan platform apa yang akan digunakan untuk beriklan, apakah secara online atau offline, menggunakan Sosial Media atau E-mail, Whatsap, menyebarkan flyer, atau yang lainnya.

Kamu bisa memanfaatkan Facebook Ads, Instagram Ads, Googla Ads atau platform beriklan terbaik lainnya. Pemilihan platform ini hendaknya disesuaikan dengan target market yang akan dituju. Misal untuk kalangan anak-anak muda/remaja, maka media Instagram tentunya menjadi pilihan yang lebih tepat dibandingkan dengan media Facebook. 

Yang pastinya media platform beriklan ini sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan begitu kamu bisa membuat iklan yang paling efisien dan tentunya efektif.

3. Terapkan Teknik Copywriting pada Iklan

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah seberapa ampuhkah iklan yang kamu buat bisa menarik konsumen untuk datang kepada kamu. Copywriting adalah sebuah teknik untuk membuka sebuah komunikasi dengan calon konsumen. Tulisan-tulisan awal yang komunikatif akan dapat menarik minat calon konsumen untuk terus membaca konten iklan yang kamu buat, hingga akhirnya dapat diubah untuk menjadi pelanggan/pembeli.  

Menerapkan teknik Copywriting merupakan strategi pembuatan iklan yang sangat potensial. Copywriting menjadi senjata untuk membuat iklan bisa lebih efektif dan maksimal untuk mendapatkan customer.

 

4. Tekankan Keunggulan Produk dan Nilai Lebihnya Dibandingkan Kompetitor

Menekankan manfaat dan keunggulan dari produk kita bisa dijadikan sebagai alat untuk menarik minat para calon konsumen. Cantumkan pada iklan yang kamu buat mengenai manfaat yang akan diperoleh serta manfaat yang dapat kamu berikan yang tidak dapat diperoleh dari produk-produk kompetitor.

Jelaskan mengenai manfaat dan keunggulan yang dimiliki serta mengapa produk tersebut diciptakan, kamu bisa mencantumkan hal tersebut berdampingan dengan deskripsi produk. Cara membuat iklan yang efektif tidak sesulit yang dipikirkan, kamu hanya cukup tahu apa yang diharapkan & ingin dihindari oleh calon konsumen.

 

5. Pastikan Iklan yang Dibuat Mudah Dipahami

Hal ini sangat penting, kamu harus memiliki tujuan yang jelas ketika beriklan.

Apakah kamu ingin membangun brand yang kuat atau ingin memasarkan produk ?

Kamu harus tahu apa yang harus dilakukan agar iklan yang dibuat bisa berjalan dengan efektif dan sebaik mungkin. Maka dari itu iklan yang dibuat harus jelas dan mudah dipahami oleh target audience kamu. Jika kamu ingin melakukan pengenalan merk dagang, maka kamu harus bisa menjelaskan mengenai perusahaan atau bisnis kamu sebaik mungkin. Bukan hanya sekedar membuat iklan biasa.

Iklan yang EFEKTIF = Iklan yang KREATIF!

Untuk bisa beriklan secara efisien dan efektif tentunya kamu harus membuat iklan sekreatif mungkin. Hal ini akan menjadi nilai tambah ketika beriklan. Kamu juga bisa menerapkan strategi content marketing dalam beriklan. Itulah mengapa kreatif sangat dibutuhkan ketika kamu inginberiklan atau melakukan branding merk dagang.

6. Berikan Penawaran Terbaik

Untuk bisa mendapatkan hati konsumen, kamu harus memberikan penawaran khusus dalam iklan yang dibuat. Kamu bisa memberikan penawaran diskon, voucher, free ongkir dalam jumlah pembelian tertentu atau yang lainnya untuk bisa menarik hati para konsumen.

Semakin baik penawaran yang kamu buat, akan semakin tinggi pula tingkat pemasaran atau penjualan. Dan pastinya Merk Dagang kamu akan selalu diingat oleh para konsumen.

Itulah mengapa pemberian penawaran terbaik bisa menjadi salah satu poin cara membuat iklan yang efektif.

7. Tambahkan Testimonial untuk Meningkatkan Kepercayaan Iklanmu

Untuk bisa lebih menarik minat konsumen, jangan lupa cantumkan testimonial dari konsumen yang telah menikmati produkmu. Dengan memberikan dan mencantumkan testimonial terbaik akan menambah kepercayaan calon konsumen.

Semakin tinggi kepercayaan seseorang, pastinya tingkat ketertarikan atau minat akan semakin tinggi. Itulah mengapa testimoni menjadi alat yang efektif dalam memasarkan produk sebaik mungkin, sehingga menggunakan testimonial menjadi poin yang sangat penting dalam cara membuat iklan yang efektif.

Walaupun dalam strategi membuat iklan yang efektif tidak begitu rumit, tapi tidak semua orang bisa beriklan secara efektif. Semoga tips ini dapat membantu kamu dalam melakukan promosi produk serta merk dagangmu.



PENULIS
Ni Nyoman Sutari
Praktisi UMKM di Bali

Daftar Artikel